Monday, January 11, 2010

BUDIDAYA PERIKANAN

BUDIDAYA PERIKANAN


beberapa cara untuk meningkatkan pertumbuhan ikan

Posted: 11 Jan 2010 06:31 AM PST


beberapa cara untuk meningkatkan pertumbuhan ikan

meningkatkan pertumbuhan ikan berarti meningkatkan pendapatan hasil budidaya. Pertumbuhan ikan yang relatif singkat akan mempercepat proses panen, sehingga perputaran uang pun akan cepat.

cara untuk meningkatkan pertumbuhan ikan :

1. Pakan

pemberian pakan yang tepat dan mencukupi akan mempengaruhi proses pertumbuhan. Ikan akan tumbuh optimum apabila diberi pakan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya, pakan yang baik adalah pakan yang mengandung nutrisi yang lengkap, yaitu cukup protein, lemak, karbohidrat, vitamin. Nutrisi yang berperan dalam membantu proses pertumbuhan ikan yaitu protein, karena protein berperan dalam meningkatkan pertumbuhan. jadi ketika akan membeli pakan maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kandungan protein pada pakan tersebut.

pemberian pakan harus cukup tidak lebih dan tidak kurang. Bila pakan yang diberikan kurang maka proses pertumbuhan ikan akan menjadi lambat, tetapi apabila pakan yang diberikan kepada ikan berlebih maka hal ini juga tidak baik, karena bila pakan berlebih dan tidak dimakan oleh ikan maka pakan tersebut akan menjadi busuk di dasar kolam, sehingga akan menurunkan kualitas air kolam, sehingga ikan tersebut akan rentan terhadap timbulnya penyakit.
pemberian pakan yang cukup yaitu sesuai dengan kebutuhannya pakan yang diberikan per hari berkisar antara 3 - 5% dari berat tubuh total ikan yang dipelihara.

2. Kualitas air

kualitas air yang baik akan membantu proses pertumbuhan ikan. kualitas air menyangkut pada parameter , suhu, pH, oksigen, kecerahan, amoniak.
sarat kualitas air kolam yang baik untuk pertumbuhan ikan yaitu :
1. suhu 25 - 30 derajat celcius
2. pH 6,5 - 8,5
3. Oksigen > 4 mg/l
4. Kecerahan 25 - 30 cm
5. Ammoniak (NH3) <0,01 mg/l 3. Pengelolaan dan penanganan ikan akan tumbuh dengan baik apabila pengelolaan dan penanganan nya dilakukan dengan baik. pengelolaan yang baik yaitu menyangkut pada cara pemberian pakan, pengontrolan kualitas air, pengontrolan hama penyakit, pengontrolan faktor luar lingkungan hidup.


4. Keturunan


pertumbuhan ikan yang baik adalah pada ikan yang mempunyai keturunan yang baik, induk yang jelas, dan benih ikan hasil seleksi. Jadi ketika akan memelihara ikan maka kita harus tahu asal usul dari ikan tersebut.



cetak halaman ini

jenis ikan yang cocok untuk dibudidayakan dan dikembangbiakan dipekarangan rumah

Posted: 11 Jan 2010 04:36 AM PST


jenis ikan yang cocok untuk dibudidayakan dan dikembangbiakan dipekarangan rumah

budidaya ikan dipekarangan rumah adalah memelihara ikan pada areal yang tidak begitu luas yang lokasinya berdekatan dengan rumah tinggal. media kolam untuk memelihara ikan dipekarangan rumah umumnya terbuat dari tembok, ataupun juga bisa menggunakan drum, terpal dan karpet.

jenis ikan yang cocok untuk dipelihara dipekarangan rumah diusahakan menggunakan jenis ikan yang tahan atau toleransi terhadap kualitas air, seperti : lele, nila, mujair, belut. dipilih ikan tersebut dikarenakan media pemeliharaan ikan dipekarangan rumah umumnya relatif sempit, sehingga kualitas air seperti oksigen pun tidak akan tersuplai secara sempurna baik secara difusi maupun input dari air yang masuk. ikan-ikan tersebut relatif tahan terhadap kondisi air kolam dengan kadar oksigen yang rendah karena ikan tersebut mempunyai alat pernapasan tambahan yaitu seperti Lele. kalau untuk ikan nila ataupun mujair, ikan ini mempunyai toleransi yang besar terhadap kualitas air yang jelek tetapi apabila kita ingin membesarkan atau memijahkan ikan ini maka persyaratan kualitas airpun perlu dipenuhi.

belut dapat hidup tumbuh dan berkembang pada areal yang sempit, sekalipun dipelihara di dalam drum, asalkan media untuk memelihara belut ini dicukupi sesuai dengan kondisi hidup di alam.

jadi dalam memelihara ikan dipekarangan rumah adalah merupakan pilihan alternatif dari cara berbudidaya ikan dengan alasan bahwa areal untuk dijadikan lahan budidaya sudah tidak ada. dan budidaya di pekarangan rumah ini cocok dikembangkan di kota yang relatif lahan budidayanya sempit. keuntungan dari berbudidaya ikan dipekarangan rumah ini adalah selain kita bisa mendapatkan penghasilan dari hasil budidaya kita juga bisa membantu kebutuhan konsumsi ikan rumah tangga.




cetak halaman ini

Taro leaves (sente)

Posted: 11 Jan 2010 02:39 AM PST


Taro leaves (sente)

taro leaves used as fish feed gouramy, especially for fish gouramy sized adult, this leaves a natural feed gouramy fish, because the properties of this fish is a tendency omnivores herbivores (plant eaters). Taro leaf is a favorite food fish gouramy, by maintaining this leaves the pond embankment then we will get some benefits. Advantage to be gained is that we can reduce the cost of feed (pellets) for the fish food requirements are met by some of these leaves. In addition to the growing benefits of this leaf in the pond embankment can protect the fish pond to sunlight, so that direct sunlight does not fall into the pond, this is mainly for fish are still small (seed) which likes a sheltered area as a refuge.

information on fish culture: http://hobiikan.blogspot.com

keuntungan memelihara daun sente

Posted: 10 Jan 2010 07:28 PM PST



daun sente

daun sente dijadikan sebagai pakan ikan gurame, terutama untuk ikan gurame yang berukuran dewasa, daun sente ini merupakan pakan alami ikan gurame, karena sipat gurame adalah omnivora yang kecenderungan herbivora (pemakan tumbuhan). Daun sente ini merupakan makanan kesukaan gurame, dengan memelihara daun sente di pematang kolam maka kita akan mendapat beberapa keuntungan. Keuntungan yang dapat diperoleh yaitu kita dapat mengurangi biaya pembelian pakan (pelet) karena kebutuhan makan ikan gurame sebagian sudah dipenuhi oleh daun sente. Selain itu keuntungan dengan menanam daun sente di pematang kolam yaitu bisa melindungi kolam terhadap sinar matahari, sehingga sinar matahari tidak langsung jatuh ke kolam, hal ini terutama untuk ikan yang masih berukuran kecil (benih) yang suka pada daerah yang teduh sebagai tempat berlindung.

informasi budidaya ikan di : http://hobiikan.blogspot.com

cetak halaman ini

Weaknesses and strengths of the ground and walls of the pond for fish

Posted: 10 Jan 2010 04:28 PM PST


Weaknesses and strengths of the ground and walls of the pond for fish

here will be discussed advantages and disadvantages of the pool wall in the soil and cultivate fish.


advantages and disadvantages of pond soil

Cultivation of fish in the pond soil has several advantages which include: the cost to print the pond is relatively cheap, the pool of land will help provide natural food for fish, especially plankton, feed the rest of the reform process and metabolism can occur naturally. shortcomings of the pond soil conditions susceptible to leakage due to an animal pool of destruction such as crabs, and due to water pressure from within and outside the pool, especially if heavy rains, the pond soil is difficult to control predatory animals, difficult to control the incoming flow of water.

advantages and disadvantages of the pool wall
excess on the pool walls, pool walls resistant to leakage due to animals, resistant to pool water pressure, allowing the animal control and nuisance water, water quality can be controlled more carefully. deficiencies in the cultivation of fish in the pond walls, providing natural food in the pool wall is less, difficult process of natural decomposition occurs, the cost to print the more expensive the pool wall.




cetak halaman ini

wadah untuk mengangkut hasil panen ikan nila

Posted: 10 Jan 2010 08:58 AM PST



wadah untuk mengangkut hasil panen ikan nila

ikan nila yang dipanen biasanya ditempatkan di wadah pengangkutan, wadah pengangkutan untuk panen terbuat dari bahan yang beragam bisa terbuat dari plastik, kayu, seng.
yang penting wadah tersebut cocok dan tidak menimbulkan kontaminasi terhadap ikan nila yang dipanen. umum nya wadah untuk mengangkut ikan nila yaitu terbuat dari plastik atau fiber biasanya bekas drum plastik yang dibagi dua kemudian dipasang tali tambang plastik di atasnya untuk mengangkat drum plastik (seperti yang terlihat di gambar). kelebihan dari drum plastik yaitu ringan kedap air serta praktis ditempatkan pada mobil pengangkutan ikan.


cetak halaman ini

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.