Wednesday, August 11, 2010

BUDIDAYA PERIKANAN

BUDIDAYA PERIKANAN


Target Lima Komoditas dari Laut

Posted: 10 Aug 2010 02:14 PM PDT


Target Lima Komoditas dari Laut


PEMERINTAH menargetkan produksi lima komoditas perikanan budi daya, yakni rumput laut, lele, patin, bandeng, dan kerapu mampu menjadi yang terbesar di dunia pada 2014.

Dirjen Perikanan Budi Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Made L Nurjana mengatakan, komoditas tersebui sangat berpeluang untuk ditingkatkan mengingat potensi lahan yang tersedia sangat besar.

Selain itu. tambahnya, teknologi budi dava mudah dan sudah dikuasai masyarakat serta permintaan di pasar ang cukup besar.

"Melihat kondisi tersebut jelas ini merupakan peluang untuk menjadi produsen rumput laut, lele, patin, bandeng, dan kerapu nomor satu di dunia," katarrva.

Menurut dia. untuk mencapai target produksi tersebut akan dilakukan dengan dua program yakni ekstensifikasi atau memperluas dan atau me-nambah unit usaha budi daya.

Selain itu yakni melalui intensifikasi atau peningkatan jumlah produksi melalui penambahan jumlah setiap unit usaha budi da\ a.

Made mengungkapkan untuk komoditas rumput laut pada 2014 ditargetkan mencapai 10 juta ton atau naik 363 persen dari 2009 yang nanya 2,6 juta ton.

Dikatakannya, untuk pengembangan rumput laut tersebut didukung potensi lahan di teluk dan perairan pantai Indonesia yang masih sangat luas yakni 4,5 juta ha.

"Padahal untuk mencapai produksi 10 juta ton tersebut han\ a diperlukan lahan seluas 100 ribu ha, katanya.

Sedangkan lele pada 2014 ditargetkan mampu diproduksi sebanyak 900 ribu ton atau meningkat 450 persen dari produksi 2009 sebanyak 200 ribu ton.

Tada tahun ini lele akan dikembangkan di seluruh Indonesia. katanya.

Begitu juga dengan pro-duksi ikan patin selama lima tahun mendatang diproyeksikan naik dari 132.600 ton pada 2009 menjadi 1,88 juta ton atau 1.420 persen.

Seperti halnya rumput laut, tambahnya, lahan untuk pengembangan budi daya patin juga masih sangat potensial di Indonesia terutama di perairan umum seperti danau, waduk maupun sungai atau air yang mengalir.

"Budi daya ikan patin juga bisa dikembangkan dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur seperti di Jambi dan Sumatera Selatan sehingga tidak mengganggu sektor pertanian," katanya.

Selain itu, menurut Made, harga ikan patin lebih murah yakni separuh dari daging ayam sehingga akan terjangkau bagi masyarakat bawah yang ingin mengonsumsi protein hewani.

Made juga menambahkan, untuk produksi bandeng ditargetkan naik 240 persen yakni dari 291.300 ton tahun lalu menjadi 700.000 ton pada

2014 sementara ikan kerapu diharapkan meningkat dari 5.300 ton menjadi 20.000 ton selama lima tahun mendatang.

Dia mengakui, untuk bandeng saat ini produsen yang terbesar di dunia masih dipegang Filipina, namun negara tersebut masih mengimpor ne-ner atau benih bandeng dari Indonesia mencapai 400 juta ekor per tahun.

Begitu juga untuk kerapu saat ini negara produsen di dunia yakni Malaria dan Vietnam, namun keduanya mendatangkan benih dari Indonesia.

"Oleh karena itu kita optimistis mampu menjadi produsen bandeng dan kerapu terbesar di dunia," katanya.

Menyinggung investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan perikanan budi daya tersebut Made mengatakan, pada 2010 sekitar RpS.O triliun dan pada 2014 mencapai Rpl2.68 triliun atau rata-rata meningkat 20 persen per tahun.Yogyo Susaptoyono


Sumber : Jurnal Nasional 07 Agustus 2010,hal.9

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.