Monday, August 2, 2010

BUDIDAYA PERIKANAN

BUDIDAYA PERIKANAN


Potensi Penangkapan Ikan Laut Indonesia Meningkat

Posted: 02 Aug 2010 07:13 AM PDT


Potensi Penangkapan Ikan Laut Indonesia Meningkat


MENTERI Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad menyatakan, pemerintah memproyeksikan potensi penangkapan ikan laut di perairan domestik tahun ini sebanyak 5,12 juta ton. Jumlah ini hanya sekitar 80% dari angka tangkapan maksimum alias maximum sustainable yield (MSY) sebanyak 6,4 juta ton. Target ini sedikit lebih banyak dibandingkan dengan produksi perikanan tangkap tahun-tahun sebelumnya (Lihat tabel)

Tapi, potensi penangkapan ikan laut Indonesia telah berlipat ganda menjadi sekitar 8 juta ton sampai 10 juta ton. Berarti, "Total kuota ikan yang dapat ditangkap pun ikut bertambah," kata Kepala Badan Sumber Daya Manusia Kelautan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Sahala Hutabarat, pekan lalu.

Target ini memang masih jauh di atas izin yang diberikan. Hingga kini, pemerintah baru menerbitkan izin penangkapan untuk 4,95 juta ton produk perikanan tangkap.

Nah, salah satu cara menggenjot produksi untuk mencapai target adalah memaksimalkan potensi perikanan laut di Maluku. Tentu saja dengan menambah kuota penangkapan ikannya. .



Sumber : Harian Kontan 02 Agustus 2010,hal.15

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.